"

Senin, 22 Oktober 2012

Hari Pengadilan dan setelahnya







Pasal
21

Hari
Pengadilan dan Setelahnya

APA YANG saudara bayangkan mengenai Hari Pengadilan? Beberapa orang membayangkan sebuah takhta yang besar, dan di hadapannya suatu deretan panjang orang-orang yang telah dibangkitkan dari antara orang mati. Seraya setiap orang lewat di hadapan takhta itu, ia diadili berdasarkan perbuatan-perbuatannya di masa lampau, yang semuanya tertulis dalam buku sang Hakim. Berdasarkan hal-hal yang ia lakukan, orang itu dikirim ke surga atau ke neraka yang menyala-nyala.

2
Akan tetapi, Alkitab memberikan gambaran yang sangat berbeda tentang Hari Pengadilan. Ini bukan suatu hari yang harus ditakuti. Perhatikan apa yang dikatakan Alkitab tentang Allah: “Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukanNya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati.” (Kisah 17:31) Hakim ini, yang dilantik oleh Allah, tentu adalah Kristus Yesus.

3
Sudah pasti Kristus akan berlaku adil dan benar dalam mengadili. Suatu nubuat tentang dia dalam Yesaya 11:3, 4 menjamin hal ini. Jadi, bertentangan dengan pendapat umum, ia tidak akan mengadili orang-orang berdasarkan dosa-dosa di masa lampau, yang pada umumnya telah mereka perbuat karena ketidaktahuan. Alkitab menjelaskan bahwa pada waktu mati seseorang dibebaskan dari dosa apa pun yang telah dilakukannya. Alkitab berkata: “Siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.” (Roma 6:7) Ini berarti bahwa pada waktu seseorang dibangkitkan ia akan diadili berdasarkan apa yang ia lakukan selama Hari Pengadilan, bukan berdasarkan apa yang ia lakukan sebelum ia mati.

4
Karena itu, Hari Pengadilan bukan suatu hari aksara 24 jam. Alkitab menjelaskan hal ini ketika menyebut tentang orang-orang yang akan ikut dengan Kristus Yesus dalam melaksanakan pengadilan. (1 Korintus 6:1-3) “Aku melihat takhta-takhta,” kata penulis Alkitab, “dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi.” Hakim-hakim ini adalah para pengikut Kristus yang terurap dan setia yang, dikatakan Alkitab selanjutnya, “hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.” Jadi Hari Pengadilan akan berlangsung 1.000 tahun lamanya. Ini adalah masa 1.000 tahun yang sama pada waktu Kristus dan 144.000 pengikutnya yang terurap dan setia memerintah sebagai “langit yang baru” atas “bumi yang baru.”—Wahyu 20:4, 6; 2 Petrus 3:13.

read more
5
Perhatikanlah gambar pada halaman ini. Di sini saudara dapat memperoleh suatu gambaran tentang betapa menakjubkan Hari Pengadilan itu bagi umat manusia. Penulis mazmur Alkitab menulis tentang masa yang gemilang itu: “Biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya, maka segala pohon di hutan bersorak-sorai di hadapan TUHAN [Yehuwa], sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaanNya.”—Mazmur 96:12, 13.

6
Selama Hari Pengadilan orang-orang yang hidup melampaui Armagedon akan berusaha menjadikan bumi ini suatu firdaus. Ke dalam firdaus ini orang-orang yang mati akan disambut kembali. (Lukas 23:43) Betapa bahagianya apabila keluarga-keluarga yang telah lama dipisahkan oleh kematian dipersatukan kembali! Ya, betapa menyenangkan untuk hidup dengan damai, menikmati kesehatan yang baik dan menerima petunjuk-petunjuk mengenai maksud-tujuan Allah! Alkitab mengatakan: “Apabila Engkau datang menghakimi bumi, maka penduduk dunia akan belajar apa yang benar.” (Yesaya 26:9) Selama Hari Pengadilan semua orang akan belajar tentang Yehuwa, dan mereka akan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menaati dan melayani Dia.

7
Dalam keadaan-keadaan firdaus demikian Kristus Yesus dan ke-144.000 rekan-rekan rajanya akan mengadili umat manusia. Orang-orang yang membuat pilihan untuk melayani Yehuwa akan layak memperoleh hidup kekal. Meskipun demikian, bahkan dalam keadaan-keadaan yang terbaik ini, akan ada yang menolak untuk melayani Allah. Seperti dikatakan Alkitab: “Seandainya orang fasik dikasihani, ia tidak akan belajar apa yang benar; ia akan berbuat curang di negeri di mana hukum berlaku.” (Yesaya 26:10) Jadi setelah diberi kesempatan penuh untuk mengubah haluan mereka dan mempelajari kebenaran, orang-orang jahat tersebut akan dibinasakan. Ada yang akan dihukum mati bahkan sebelum Hari Pengadilan berakhir. (Yesaya 65:20) Mereka tidak akan diizinkan tetap hidup untuk mengotori atau merusak bumi firdaus.

8
Benar-benar suatu hak istimewa yang luar biasa untuk dibangkitkan di bumi pada Hari Pengadilan Yehuwa yang besar. Namun, Alkitab menunjukkan bahwa ini merupakan hak istimewa yang tidak akan dinikmati semua orang. Pertimbangkan sebagai contoh, orang-orang Sodom zaman dulu. Alkitab mengatakan bahwa pria-pria Sodom berupaya melakukan hubungan seksual dengan “pria-pria” (NW) yang bertamu ke rumah Lot. Tingkah laku mereka yang amoral begitu ekstrem sehingga sekalipun secara mukjizat mereka dibutakan, “penatlah mereka itu hendak mendapat pintu” (Klinkert) untuk memasuki rumah itu dan melakukan hubungan seksual dengan tamu-tamu Lot.—Kejadian 19:4-11.

9
Apakah orang-orang yang begitu jahat akan dibangkitkan pada Hari Pengadilan? Alkitab memperlihatkan bahwa jelas mereka tidak akan dibangkitkan. Misalnya, salah seorang murid Yesus yang diilhami, Yudas, mula-mula menulis mengenai malaikat-malaikat yang telah meninggalkan tempat mereka di surga untuk bersetubuh dengan anak-anak perempuan manusia. Kemudian ia menambahkan: “Sama seperti Sodom dan Gomora dan kota-kota sekitarnya, yang dengan cara yang sama melakukan percabulan dan mengejar kepuasan-kepuasan yang tak wajar, telah menanggung siksaan [“hukuman,” NW] api kekal sebagai peringatan kepada semua orang.” (Yudas 6, 7; Kejadian 6:1, 2) Ya, karena perbuatan amoral yang bejat orang-orang Sodom dan kota-kota sekelilingnya mengalami kebinasaan yang jelas membuat mereka tidak akan dibangkitkan.—2 Petrus 2:4-6, 9, 10a.

10
Yesus juga memperlihatkan bahwa orang-orang Sodom tidak akan dibangkitkan. Ketika ia berbicara mengenai Kapernaum, salah satu kota tempat ia mengadakan mukjizat, ia berkata: “Jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu [Kapernaum], kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.” (Matius 11:22-24) Di sini Yesus menandaskan betapa orang-orang Kapernaum patut dicela dengan mengatakan bahwa tanggungan orang-orang Sodom zaman dulu akan lebih ringan, padahal dalam pikiran orang-orang Israel yang sedang mendengarkan kepadanya, orang-orang Sodom benar-benar tidak layak dibangkitkan pada Hari Pengadilan.

11
Jadi, tentunya, kita harus melakukan apa saja sedapat mungkin agar layak mendapat kebangkitan. Akan tetapi, masih ada pertanyaan yang dapat diajukan: Apakah beberapa orang yang dibangkitkan dari kematian akan lebih sulit untuk belajar dan mempraktikkan kebenaran daripada orang-orang lain? Pertimbangkanlah: Sebelum “orang-orang yang benar” seperti Abraham, Ishak, Ayub, Debora, Rut dan Daniel meninggal, mereka semua menantikan kedatangan Mesias. Betapa bahagianya mereka pada Hari Pengadilan untuk belajar mengenai dia, dan bahwa ia sedang memerintah di surga! Maka orang-orang “benar” ini akan lebih mudah mempraktikkan kebenaran pada waktu itu daripada “orang-orang yang tidak benar” yang dibangkitkan.—Kisah 24:15.

KEBANGKITAN
UNTUK ‘KEHIDUPAN’ DAN UNTUK ‘PENGHUKUMAN’

12
Pada waktu melukiskan keadaan selama Hari Pengadilan, Yesus berkata: “Semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suaraNya, dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum. . . . Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakimanKu adil, sebab Aku tidak menuruti kehendakKu sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.” (Yohanes 5:28-30) Apa yang dimaksud dengan ‘kebangkitan untuk kehidupan’ dan ‘kebangkitan untuk penghukuman’? Siapa yang menerimanya?

13
Kita telah mengerti dengan jelas bahwa pada waktu orang-orang mati keluar dari kuburan, mereka tidak akan diadili berdasarkan perbuatan mereka dulu. Akan tetapi, mereka diadili berdasarkan apa yang mereka lakukan selama Hari Pengadilan. Jadi ketika Yesus menyebutkan “mereka yang telah berbuat baik” dan “mereka yang telah berbuat jahat,” ia memaksudkan hal-hal baik dan hal-hal jahat yang akan mereka lakukan selama Hari Pengadilan. Karena melakukan hal-hal baik, banyak dari antara orang-orang yang dibangkitkan akan terus maju ke arah kesempurnaan manusia pada akhir Hari Pengadilan 1.000 tahun. Jadi kembalinya mereka dari antara orang-orang mati akan terbukti sebagai ‘kebangkitan untuk kehidupan,’ karena mereka akan mencapai kehidupan sempurna tanpa dosa.

14
Sebaliknya, bagaimana dengan orang-orang ‘yang berbuat jahat’ selama Hari Pengadilan? Dibangkitkannya mereka dari antara orang-orang mati akan terbukti sebagai ‘kebangkitan untuk penghukuman.’ Apa artinya hal ini? Ini berarti hukuman mati. Jadi orang-orang ini akan dibinasakan selama atau pada akhir Hari Pengadilan. Sebabnya adalah, mereka melakukan perkara-perkara jahat; dengan keras kepala mereka tidak mau belajar dan menerapkan hal-hal yang benar.

KAPAN
HARI PENGADILAN MULAI

15
Rasul Yohanes menyaksikan dalam suatu penglihatan apa yang terjadi tepat sebelum Hari Pengadilan. Ia menulis: “Aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapanNya lenyaplah bumi dan langit . . . Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu . . . Dan orang-orang mati dihakimi.” (Wahyu 20:11, 12) Jadi sebelum Hari Pengadilan mulai, sistem yang ada sekarang ini yang terdiri dari “bumi dan langit” akan lenyap. Hanya orang-orang yang melayani Allah yang akan hidup terus, sedangkan semua orang jahat akan dibinasakan di Armagedon.—1 Yohanes 2:17.

16
Jadi, bukan hanya “orang-orang mati” yang dibangkitkan yang akan diadili selama Hari Pengadilan. “Orang yang hidup” yang selamat melewati Armagedon, maupun anak-anak yang mungkin mereka dapatkan, juga akan diadili. (2 Timotius 4:1) Dalam penglihatannya Yohanes melihat bagaimana mereka diadili. “Lalu dibuka semua kitab,” tulisnya. “Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu. Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut [“Hades,” NW] menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.”—Wahyu 20:12, 13.

17
Apa yang dimaksud dengan “semua kitab” yang dibuka yang dipakai untuk mengadili “orang-orang mati” maupun “orang yang hidup”? Rupanya kitab-kitab itu sesuatu yang ditambahkan kepada Alkitab Suci yang kita miliki sekarang. Kitab-kitab itu adalah tulisan-tulisan atau buku-buku terilham yang berisi hukum-hukum dan petunjuk-petunjuk Yehuwa. Dengan membaca kitab-kitab ini semua orang di bumi dapat mengetahui kehendak Allah. Kemudian, atas dasar hukum-hukum dan petunjuk-petunjuk dalam “semua kitab” ini, setiap orang di bumi akan diadili. Orang-orang yang menaati hal-hal yang ditulis di dalamnya akan menerima faedah dari korban tebusan Kristus, dan secara berangsur-angsur mereka akan maju ke arah kesempurnaan manusia.

18
Menjelang akhir Hari Pengadilan 1.000 tahun tidak seorang pun di bumi akan berada dalam keadaan menuju kematian disebabkan dosa Adam. Sebenarnya, dalam arti yang sepenuhnya, semua orang mencapai kehidupan. Inilah yang ditunjukkan Alkitab ketika dikatakan: “Segala orang mati yang lain itu [selain 144.000 yang pergi ke surga] tiada hidup balik sehingga genap seribu tahun itu.” (Wahyu 20:5, Bode) Disebutnya “orang mati yang lain” di sini tidak berarti bahwa orang-orang lain akan dibangkitkan pada akhir Hari Pengadilan 1.000 tahun. Akan tetapi, maksudnya adalah bahwa semua orang akan hidup balik dalam arti bahwa pada akhirnya mereka akan mencapai kesempurnaan manusia. Mereka akan berada dalam keadaan sempurna sama seperti Adam dan Hawa dulu di taman Eden. Kemudian apa yang akan terjadi?

SETELAH
HARI PENGADILAN

19
Setelah melaksanakan segala sesuatu yang Allah tugaskan kepadanya, Kristus Yesus, “menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa.” Ini terjadi pada akhir Hari Pengadilan 1.000 tahun. Pada waktu itu semua musuh telah disingkirkan. Yang terakhir adalah kematian yang diwarisi dari Adam. Ini akan dilenyapkan! Kemudian Kerajaan itu menjadi milik Allah Yehuwa. Ia memerintahnya secara langsung sebagai Raja.—1 Korintus 15:24-28.

20
Bagaimana Yehuwa menentukan nama-nama siapa yang akan ditulis dalam “kitab kehidupan”? (Wahyu 20:12, 15) Yaitu melalui suatu ujian atas umat manusia. Ingat bagaimana Adam dan Hawa gagal di bawah ujian demikian, dan bagaimana Ayub, pada waktu diuji, memelihara ketulusan hatinya. Akan tetapi, sebagian besar dari umat manusia yang hidup sampai akhir 1.000 tahun belum pernah mengalami ujian iman. Sebelum dibangkitkan mereka tidak mengetahui maksud-tujuan Yehuwa. Mereka sebagian dari sistem Setan yang jahat; mereka “tidak benar.” Kemudian, setelah kebangkitan, tidak sukar bagi mereka untuk melayani Yehuwa karena hidup dalam Firdaus tanpa tentangan apa pun dari si Iblis. Akan tetapi, apakah bermiliar-miliar manusia ini, yang pada waktu itu sempurna, akan melayani Yehuwa jika Setan diberi kesempatan untuk mencoba menghalangi mereka? Apakah Setan dapat berbuat terhadap mereka seperti yang ia lakukan terhadap Adam dan Hawa yang sempurna?

21
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Yehuwa membebaskan Setan dan hantu-hantunya dari jurang yang dalam tempat mereka berada selama 1.000 tahun. Apa hasilnya? Alkitab memperlihatkan bahwa Setan berhasil memalingkan orang-orang untuk tidak melayani Yehuwa. Jumlah mereka akan sama dengan banyaknya “pasir di laut,” yang berarti bahwa jumlahnya tidak ditentukan. Setelah ujian ini dilaksanakan, Setan dan hantu-hantunya, dan juga orang-orang yang tidak lulus dalam ujian ini, akan dilemparkan ke dalam “lautan api” kiasan yaitu kematian yang kedua (kekal). (Wahyu 20:7-10, 15) Akan tetapi, orang-orang yang namanya terdapat dalam “kitab kehidupan” akan tetap tinggal dalam firdaus yang gemilang di bumi. Adanya nama-nama mereka dalam “kitab kehidupan” berarti bahwa Yehuwa menganggap mereka benar secara sempurna dalam hati, pikiran dan tubuh, dan dengan demikian layak hidup kekal dalam firdaus di bumi.

HARI
PENGADILAN SEKARANG

22
Jadi Alkitab memberikan keterangan tentang kejadian-kejadian setelah 1.000 tahun di masa depan. Selain itu telah diperlihatkan bahwa tidak ada alasan untuk takut akan apa yang akan terjadi di masa depan. Akan tetapi, pertanyaannya adalah: Apakah saudara akan ada di sana untuk menikmati perkara-perkara baik yang Allah sediakan? Hal ini bergantung pada apakah saudara selamat melampaui hari pengadilan yang berlangsung lebih dahulu, yaitu “hari penghakiman” pada masa sekarang “dan kebinasaan orang-orang fasik.”—2 Petrus 3:7.

23
Ya, sejak Kristus kembali dan duduk di atas takhta surgawinya, seluruh umat manusia diadili. “Hari penghakiman” yang berlangsung sekarang ini terjadi sebelum Hari Pengadilan 1.000 tahun. Selama pengadilan pada masa sekarang, orang-orang dipisahkan seperti “kambing-kambing” di sebelah kiri Kristus atau seperti “domba-domba” di sebelah kanannya. “Kambing-kambing” akan dibinasakan sebab mereka tidak membantu “saudara” Kristus yang terurap dalam pelayanan mereka kepada Allah. Pada waktunya, “kambing-kambing” ini menyatakan diri sebagai pedosa-pedosa yang tidak bertobat, jahat, berkeras dalam perbuatan yang tidak benar. Sebaliknya, “domba-domba,” akan diberkati dengan kehidupan di bawah pemerintahan Kerajaan karena mereka mendukung “saudara” Kristus sepenuhnya.—Matius 25:31-46.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar