"

Minggu, 10 Februari 2013

Apakah nasib anda sudah ditentukan oleh Allah ?

Apakah
Nasib Anda Sudah Ditentukan?
Pada suatu pagi, seorang pengusaha bergegas ke bandara, tetapi ketinggalan pesawat. Tidak lama kemudian, ia mendengar berita—pesawat itu jatuh. Semua penumpang tewas.

Dari waktu ke waktu, kita mendengar laporan tentang orang yang lolos dari kecelakaan fatal. Kata orang, ”Belum waktunya ia mati.” Tetapi, kalau ada yang tewas, orang mengatakan, ”Ya, memang sudah waktunya.” Ada yang percaya bahwa sejak lahir, nasib seseorang sudah digariskan oleh suatu hukum keberuntungan. Ada lagi yang percaya bahwa orang yang berbuat jahat dalam kehidupan sebelumnya dihukum dalam kehidupan sekarang, dan orang yang berbuat baik sekarang akan diupahi dalam kehidupan berikutnya. Menurut orang-orang tersebut yang percaya kepada nasib, dengan berbuat baik dan dengan menjalani upacara keagamaan tertentu mereka dapat mengubah nasib mereka. Apakah pandangan-pandangan itu masuk akal?

Apakah
Memang Masuk Akal?

Mari kita pikirkan pandangan yang pertama. Jika nasib manusia ditentukan oleh suatu hukum bahwa orang akan mendapat balasan yang setimpal dengan perbuatannya, siapa yang menetapkan dan menegakkan hukum itu? Katakanlah Anda pergi ke luar negeri dan mengamati ada sejumlah peraturan lalu lintas yang terperinci dengan sistem hak dan sanksi, atau pencabutan hak. Apakah masuk akal untuk berpikir bahwa peraturan itu ada dengan sendirinya dan dijalankan tanpa ada yang menegakkannya?

Sekarang, mari kita pikirkan pandangan yang kedua. Apakah penderitaan dalam kehidupan sekarang adalah akibat perbuatan jahat dalam kehidupan sebelumnya? Jika seseorang berbuat dosa dalam kehidupan yang konon adalah kehidupan sebelumnya tetapi sekarang tidak tahu apa-apa tentang dosa itu, bagaimana ia dapat memperbaiki diri? Jika ia tidak tahu penyebab penderitaannya, bagaimana penderitaan itu dapat membantunya berubah menjadi orang yang lebih baik? Apakah hal itu benar-benar adil?

Sebagai gambaran: Ada seorang anak yang suka berbohong. Apa jadinya jika ayahnya menyuruh dia memperbaiki tingkah lakunya, tetapi tidak memberi tahu apa kesalahannya? Boleh jadi, anak itu akan lebih rajin belajar di sekolah atau tidak nakal lagi. Namun, karena tidak diberi tahu bahwa berbohong itu salah, ia mungkin tidak akan pernah tahu bahwa ia tidak boleh berbohong lagi. Apakah cara itu bermanfaat bagi sang anak atau apakah perlakuan seperti itu adil? Mengenai penderitaan akibat berbuat dosa dalam kehidupan sebelumnya, seorang wanita berkata, ”Tidak masuk akal bahwa saya harus menderita seumur hidup padahal saya sama sekali tidak tahu apa alasannya. Saya tidak punya pilihan, itu sudah nasib saya.”

Percaya kepada nasib bisa menimbulkan akibat buruk lainnya. Sewaktu menghadapi kesulitan atau perlakuan tidak adil, ada yang mungkin berpikir, ’Memang sudah nasib saya, jadi saya pasrah saja.’ Yang lain percaya bahwa dengan menjalani upacara keagamaan tertentu yang menghabiskan banyak biaya atau dengan memindah-mindahkan barang di dalam rumah, mereka dapat mengubah keberuntungan mereka. Akibatnya, orang harus mengeluarkan banyak uang dan bahkan menjadi korban orang-orang yang tak bermoral.

Alasan
Sebenarnya Kita Menderita

Apa yang Alkitab katakan tentang nasib dan tentang dosa dalam ”kehidupan sebelumnya”? Alkitab dengan tandas memberi tahu kita, ”Yang hidup sadar bahwa mereka akan mati; tetapi orang mati, mereka sama sekali tidak sadar akan apa pun . . . Semua yang dijumpai tanganmu untuk dilakukan, lakukanlah dengan segenap kekuatanmu, sebab tidak ada pekerjaan atau rancangan atau pengetahuan atau hikmat di Syeol [kuburan], tempat ke mana engkau akan pergi.” (Pengkhotbah 9:5, 10) Dengan kata lain, apabila seseorang mati, ia tidak dapat berpikir atau bekerja lagi. Ia tidak mempunyai bagian halus yang terus hidup setelah tubuh mati dan karena itu, ia tidak dapat dilahirkan kembali sebagai orang lain.

Kalau begitu, mengapa ada yang tertimpa musibah sedangkan yang lain tidak? Pertama-tama, Pengkhotbah 9:11 memberi tahu kita, ”Waktu dan kejadian yang tidak terduga menimpa mereka semua.” Sering sekali, orang mendapat kecelakaan hanya karena kebetulan berada di tempat kejadian. Mari kita kembali ke contoh yang disebutkan di paragraf pertama. Setiap hari, karena berbagai alasan, orang ketinggalan pesawat terbang, feri, atau bus. Kalau tidak ada kecelakaan fatal, orang segera melupakan hal yang sepele itu. Tetapi, apabila ada bencana, orang yang selamat mungkin berpikir bahwa belum waktunya ia mati.

Musibah juga dapat terjadi akibat ulah manusia, dan itulah alasan kedua mengapa orang menderita. Pengkhotbah 8:9 mengatakan, ”Manusia menguasai manusia sehingga ia celaka.” Orang yang berkuasa mungkin menyalahgunakan wewenang mereka, dan akibatnya, orang lain menderita. Selain itu, cara hidup seseorang bisa berpengaruh atas apa yang terjadi. Misalnya, kebiasaan buruk dapat merusak kesehatan, dan sifat buruk bisa membuat hubungan tegang. Galatia 6:7 mengatakan, ”Apa pun yang ditabur orang, ini juga yang akan dituainya.”

Alasan ketiga mengapa manusia menderita berkaitan dengan fakta bahwa kita hidup pada ”hari-hari terakhir”. Sekitar dua ribu tahun yang lalu, Yesus bernubuat tentang penutup sistem ini, ”Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan ada kekurangan makanan dan gempa bumi di berbagai tempat. . . . Oleh karena bertambahnya pelanggaran hukum, kasih kebanyakan orang akan mendingin.” (2 Timotius 3:1; Matius 24:3, 7, 12) Seraya kondisi dunia memburuk dan kekerasan serta bencana alam bertambah banyak, masuk akal bahwa jauh lebih besar kemungkinannya kita tertimpa musibah.

Tetapi, masa depan manusia sama sekali tidak suram! Setelah menggambarkan hari-hari terakhir, Yesus mengatakan, ”Dia yang telah bertekun sampai ke akhir adalah orang yang akan diselamatkan. Dan kabar baik kerajaan ini akan diberitakan di seluruh bumi yang berpenduduk sebagai suatu kesaksian kepada semua bangsa; dan kemudian akhir itu akan datang.” (Matius 24:13, 14) Kerajaan yang disebutkan di sini adalah pemerintahan yang telah Allah dirikan di surga, dengan Yesus Kristus sebagai Raja yang terpilih. Kerajaan Allah akan segera menyingkirkan semua kejahatan di bumi, dengan demikian mengakhiri sistem sekarang. Kehidupan di bumi akan benar-benar berubah! ”Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan kematian tidak akan ada lagi, juga tidak akan ada lagi perkabungan atau jeritan atau rasa sakit. Perkara-perkara yang terdahulu telah berlalu.” (Penyingkapan [Wahyu] 21:4) Ya, ini benar-benar kabar baik!

Apa
yang Menentukan Masa Depan Anda?

Apa yang harus kita lakukan agar dapat menerima berkat yang akan dihasilkan oleh Kerajaan Allah? Alkitab dengan jelas mengatakan, ”Dunia ini sedang berlalu, demikian pula keinginannya, tetapi ia yang melakukan kehendak Allah akan tetap hidup untuk selamanya.” (1 Yohanes 2:17) Orang yang melakukan kehendak Allah mempunyai prospek untuk hidup selama-lamanya di bumi di bawah pemerintahan Kerajaan-Nya. Tentu, untuk melakukan kehendak Allah, pertama-tama Anda harus mengetahui kehendak-Nya. Itulah sebabnya Yesus berkata, ”Ini berarti kehidupan abadi, bahwa mereka terus memperoleh pengetahuan mengenai dirimu, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenai pribadi yang engkau utus, Yesus Kristus.” (Yohanes 17:3) Dengan mempelajari Alkitab, Anda dapat mengetahui kehendak Allah yang benar, Yehuwa, dan juga ajaran Yesus Kristus. Inilah langkah awal yang sangat penting yang akan menghasilkan berkat berupa kehidupan abadi.

Masa depan Anda tidak ditentukan oleh nasib, tetapi bergantung pada pilihan yang Anda buat sekarang. Karena itu, melalui seorang penulis Alkitab, Allah mendesak, ”Aku menjadikan langit dan bumi sebagai saksi sehubungan dengan kamu pada hari ini, bahwa aku menaruh kehidupan dan kematian di hadapan engkau, berkat dan laknat; dan pilihlah kehidupan agar engkau tetap hidup, engkau dan keturunanmu.” (Ulangan 30:19) Semoga Anda memilih untuk mempelajari Alkitab dan melakukan kehendak Allah agar Anda juga dapat memiliki prospek kehidupan dan kebahagiaan untuk selamanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar